Ringkasan Kurikulum

Kurikulum pembelajaran yang digunakan saat ini adalah pembelajaran berbasis kompetensi yang lebih dikenal dengan Outcome Based Education (OBE). Dalam kurikulum ini dapat dirumuskan capaian yang harus diraih lulusan atau profil lulusan. Profil lulusan ini akan dijabarkan lebih mendetail dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL). Dengan demikian setiap matakuliah harus mencapai CPL ini. Setiap mata kuliah yang ditempuh harus memenuhi unsur capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) yang terkorelasi dengan CPL.

Kurikulum pada Prodi Ilmu Administrasi Negara telah dirancang sesuai dengan visi, misi fakultas, universitas dan kebijakan kurikulum nasional serta inti kurikulum dari Indonesian Asscociation for Public Administration (IAPA) atau disebut sebagai Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia. Kurikulum berbasis kompetensi memuat kurikulum inti dan kompetensi institusional yang terintegrasi dalam kelompok-kelompok mata kuliah, yang terdiri atas Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKP), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Profil/Kompetensi Lulusan Program Studi

Kompetensi utama lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara berdasarkan Dokumen Kurikulum KKNI Prodi Ilmu Administrasi Negara tahun 2016, sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi khususnya bidang Kebijakan Publik, Manajemen Publik dan Administrasi Pembangunan sebagai kompetensi utama;
  2. Kompetensi pendukung yaitu memiliki wawasan komprehensif dalam karier akademis dan professional di bidang administrasi negara, dan;
  3.  Kempetensi pendukung lainnya yaitu memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan melakukan kegiatan kewirausahaan.