Program Studi Ilmu Administrasi Negara Kembali Selenggarakan Lokakarya

KUPANG, Selasa (30/11). Program Studi Ilmu Administrasi Negara, melalui Satuan Tugas (SATGAS) Rencana Strategis (RENSTRA) kembali digelar di Meeting Room Hotel Amaris. Lokakarya pada kali dimulai pada pukul 09.00-15.00 WITA, yang dipimpin oleh Dr. Hendrik Toda, M.Si. selaku moderator, dan pemaparan RENSTRA dipaparkan oleh David W. Rihi, M.AP. Lokakarya ini ditujukan untuk menjaring aspirasi dari rekan-rekan pengajar Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UNDANA.

Antusias dari kalangan pengajar dan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara dalam berupaya merumuskan suatu Rencana Strategis sesuai dengan perkembangan keilmuan dan konteks akademik yakni mengacu pada Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Perwujudan dari hal tersebut, secara simultan juga beracuan pada visi dan misi dari Presiden RI Joko Widodo, yakni menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Mengacu pada analisis SWOT, maka lahirlah 6 (enam) Strategi Kebijakan Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Beberapa catatan dari perjalanan dala usaha untuk menjawab keenam strategi kebijakan tersebut, terdapat pula beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh Prodi, diantaranya menghasilkan kualitas lulusan; pembedayaan potensi Sumber Daya Manusia program studi dalam rangka mengkolaborasi antara dosen dan mahasiswa; Kebijakan dari prodi lebih intens membangun kerja sama dengan universitas lain (se-daratan Pulau Timor); publikasi ilmiah mandiri mahasiswa.

Proses Perancangan, Pengumpulan Data, serta Analisis data serta kemudian dilaporkan merupakan tahapan yang dijadikan SATGAS di dalam merumuskan RENSTRA agar sejalan den Visi, Misi dan Tujuan dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Terlebih itu, penyusunan RENSTRA seyogyanya beracuan pada Standar Nasional Pendidikan, Standar Penelitian, dan Standar Pengabdian kepada Masyarakat. Proses kerja yang akan dianalisis oleh SATGAS ke depannya, akan beracuan dari hasil Lokakarya ini, mengingat pentingnya Lokakarya ini maka, dibutuhkan kerjasama di antara pengajar. (prx1s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *