Kenapa Harus Kami

Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Negara merupakan ilmu pengetahuan (cabang ilmu administrasi) yang secara khusus melakukan kajian terhadap fungsi internal dan eksternal struktur-struktur serta proses-proses yang terdapa dalam bagian vital dari sistem dan aparatur pemerintahan. Secara awam, disebut pula administrasi negara. Dalam bahasa sehari-hari, administrasi negara disebut juga “pemerintahan” selama tidak dicampuradukkan dengan pemerintahan yang sifatnya eksekutif atau politik kenegaraan. Di kalangan departemen kehakiman dan badan-badan pengadilan dikenal dengan istilah tata usaha negara. Ranah kajian ilmu administrasi negara, tidak semata hanya tentang cara negara atau pemerintah melayani rakyat, tapi juga mengkaji bagaimana tinjauan administrasi dunia bisnis, kemasyarakatan, dan kebijakan publik.

lmu Administrasi Negara di Universitas Nusa Cendana

Pada jurusan Ilmu Administrasi Negara, mahasiswa akan belajar mengenai seluk-beluk dunia pemerintahan mulai dari sistem pemerintahan, pembangunan, kebijakan publik, masyarakat, hingga segala hal yang berkaitan dengan birokrasi.

Jurusan atau program studi (prodi) ini sangat sesuai untuk orang yang peduli akan kondisi pelayanan masyarakat dan kebijakan-kebijakan publik. Mahasiswa dapat mempelajari bagaimana pelayanan masyarakat yang benar, cara mengkaji birokrasi hingga seperti apa pembangunan negara yang baik.

Prospek mahasiswa lulusan Ilmu Administrasi Negara?

Capaian lulusan dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Nusa Cendana, antara lain; 1) Administrator/Pemimpin, 2) Manajer, 3) Pengambil Kebijakan, 4) Pelayan Publik, dan 5) Peneliti. Para lulusan juga dapat terjun pada instansi-instansi pemerintahan pusat maupun daerah, dalam golongan PNS atau non-PNS. Tidak hanya di instansi pemerintahan, tapi juga berbagai instansi non-pemerintahan di bidang pelayanan publik dan sosial, atau instansi bidang ekonomi dan pembangunan.

Beberapa contoh profesi lulusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Nusa Cendana adalah sebagai aparat pemerintah, asisten peneliti, staf atau anggota legislatif pusat maupun daerah, anggota partai politik, aktivis LSM/organisasi masyarakat, tenaga pendidik atau dosen, konsultan pemerintahan, dan lain sebagainya.

Kontak:

Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Alamat :  Jl. Adi Sucipto Penfui, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Telepon : (0380) 881183

E-mail : administrasi_negara@undana.ac.id Website : fisip.undana.ac.id