Capaian Pembelajaran

NOCAPAIAN PEMBELAJARANBAHAN KAJIAN
A.SIKAP
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;A1.1. Pendidikan Agama A1.2. Pendidikan Pancasila  
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;A2.1. Pendidikan Agama A2.2. Pendidikan Pancasila A2.3. Etika Adm. Negara  
3.Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;A3.1. Pendidikan Pancasila A3.2. Pendidikan Anti Korupsi A3.3. Etika dan Akuntabilitas Adm. Negara  
4.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;A4.1. Pendidikan Kewarganegaraan A4.2. Pendidikan Pancasila A4.3. Sosiologi  
5.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;A5.1. Pendidikan Agama A5.2. Pendidikan Pancasila A5.3. Pendidikan Kewarganegaraan  
6.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;A6.1. Sosiologi A6.2. Pendidikan Kewarganegaraan A6.3. Gender dan Birokrasi  
7.Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;A7.1. Teori Organisasi A7.2. Perilaku Organisasi A7.3. Ekologi Administrasi A7.4. Budaya Pertanian Lahan Kering Kepualauan dan Periwisata  
8.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;A8.1. Pendidikan Pancasila A8.2. Pendidikan  Kewarganegaraan A8.3. Hukum Adm, Negara A8.4. Hukum Tata Negara A8.5. Ilmu Politik  
9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;A9.1. Etika dan Akuntabilitas Adm. Negara A9.2. Manajemen Sumber  Daya Manusia  
10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.A10.1. Pendidikan Pancasila A10.2. Pendidikan Kewarganegaraan A10.3. Etika dan Akuntabilitas Adm. Negara A10.4. Kewirausahan  
B.KETERAMPILAN UMUM
1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;  B1.1. Metode Penelitian B1.2. Statistik Sosial B1.3. Penerapan Ipteks    
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;B2.1. Statistik Sosial B2.2. Manajemen Sumber  Daya Manusia  
3.Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, presedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain atau esai seni dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;  B3.1. Teori Adm. Negara B3.2. Teori Sosial dan Politik B3.3. Teori Pembangunan B3.4. Metode Penelitian Sosial
4.Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifik desain atau esai seni dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi;B4.1. Penerapan Ipteks B4.2. Bahasa Inggris B4.3. Metode Penelitian Sosial  
5.Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan presedur baku, spesifikasi desain, persyaratan seselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;B5.1. Penerapan Ipteks B5.2. Kepemimpinan B5.3. Sistem Informasi Manajemen B5.4. Kebijakan Publik  
6.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya;  B6.1. Penerapan Ipteks B6.2. Sistem Informasi Manajemen
7.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;  B7.1. Teori Organisasi B7.2. Perilaku Organisasi B7.3. Manajemen Sumber Daya Manusia
8.Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  B8.1. Kepemimpinan B8.2. Manajeman Sumber Daya Manusia
9.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.B9.1. Sistem Informasi Manajemen B9.2. Statistik Sosial B9.3. Etika Administrasi  
C.KEMAMPUAN BIDANG KERJA (KETERAMPILAN KHUSUS
1.Mampu mengaplikasikan teori-teori pengelolaan pemerintahan dan pembangunan secara baik dan benar;C1.1. Teori Administrasi Negara C1.2. Teori Pembangunan C1.3. Manajemen Sumber Daya Manusia C1.4. Administrasi Pembangunan  
2.Mampu melakukan perencanaan pembangunan dengan baik dan benar;C2.1. Perencanaan Pembangunan C2.2. Sistem Informasi Manajemen C2.3. Manajemen Anggaran Publik  
3.Mampu melaksanakan berbagai kebijakan, program pembangunan dan pelayanan publik;C3.1. Implementasi Kebijakan Publik C3.2. Manajemen Hubungan Antar Pemerintahan C3.3. Manajemen Barang dan Jasa Publik  
4.Mampu melakukan pengukuran kemajuan pembangunan dan pelayanan publik secara tepat;C4.1. Manajemen Kinerja Pelayanan Publik  
5.Mampu melakukan penilaian hasil kebijakan publik secara tepat;C5.1. Analisis dan Evaluasi Kebijakan Publik    
6.Mampu menganalisa permasalahan sosial, ekonomi dan politik serta kebijakan publik.C6.1. Kepemimpinan Organisasi Sektor Publik C6.2. Statistik Sosial  
D.PENGUASAAN PENGETAHUAN
1.Menguasai konsep dasar teori administrasi negara, kebijakan publik, implementasi kebijakan publik, analisis dan evaluasi kebijakan publik, perencanaan pembangunan, pengukuran hasil pembangunan dan manajeman pelayanan publik.D1.1 Teori Administrasi Negara D1.2. Kebijakan Publik D1.3. Implementasi Kebijakan Publik D1.4. Analisis dan Evaluasi Kebijakan Publik D1.5. Perencanaan Pembangunan D1.6. Manajeman Pelayanan Publik